Senin, 08 September 2014

Turut Berduka Cita Dan Belasungkawa

Turut Berduka Cita Dan Belasungkawa Saat ada kerabat atau relasi tertimpa musibah hingga mengakibatkan kematian, kita selekasnya menggirimkan pengucapan “Kami ikut belasungkawa serta berdukacita yang sedalam-dalamnya atas musibah…”, atau “Kami sekeluarga mengemukakan ikut belasungkawa serta berdukacita atas meninggalnya…”.

www.tokobungarangkaian.com Pengucapan seperti itu kelihatannya udah mentradisi di lingkungan kita. Turut Berduka Cita Dan Belasungkawa Bunga Papan Duka Cita Pemakaian kata belasungkawa serta berdukacita nampaknya senantiasa ada bertepatan. Sebagai permasalahan disini yaitu udah apakah benar pemanfaatan ke-2 kata itu melalui langkah bertepatan?

Turut Berduka Cita Dan Belasungkawa Memang ga ada kelirunya jika kita kirim Bunga Duka Cita juga sebagai sinyal simpati atau buka rasa sedih kita waktu ada relasi atau kerabat yang tengah meninggal dunia, apakah berbentuk bencana alam, seperti tanah longsor, gempa bumi, serta banjir.

Sebagai permasalahan disini yaitu isi pengucapan yang buka turut bersedihnya perasaan kita pada orang lain yang tertimpa musibah. Jadi, yang kita soroti yaitu sisi kebahasaan.

Toko Bunga Papan Duka Cita Dari pojok bhs, ada dua hal yang layak kita kemukakan dalam jalinan dengan belasungkawa serta berdukacita. Kata belasungkawa umumnya untuk menuturkan rasa sedih. Kata itu datang dari bhs Jawa, yaitu bela yang artinya menuntut bela, ikut serta, serta sungkawa artinya sulit, sedih.

Di dalam Kamus Besar Bhs Indonesia, belasungkawa artinya ‘pernyataan ikut berdukacita’. Oleh karenanya, ungkapan “Kami ikut belasungkawa serta berdukacita atas…” punya kandungan kemubaziran kata dikarenakan dalam kata belasungkawa udah ada pula arti “turut berdukacita”.

Dengan kata lain, kata ikut berdukacita tak perlu lagi difungsikan dalam Bunga Papan Duka Cita, ada masalah hati serta berdukacita artinya bersusah hati, bersedih hati. Dukacita sehubungan dengan sedih. Kata sedih artinya (1) terasa benar-benar pilu dalam hati, sulit hati (2) menjadikan rasa sulit (pilu dsb) dalam hati, duka.

Ada saatnya dalam ungkapan dukacita kita memakai kata berkabung. Berkabung yaitu kata lain untuk menuturkan dukacita, (1) gunakan kabung juga sebagai sinyal berdukacita dikarenakan ada keluarga yang wafat dunia, (2) berdukacita dikarenakan keluarga, kerabat, dsb wafat dunia.

Berdasarkan pada maknanya, kita dapat tetapkan satu diantara di antara kalimat itu. Jadi, kita bisa tetapkan satu diantara ungkapan itu. (1) Kami berbelasungkawa atas…, (2) Kami mengemukakan belasungkawa atas…, (3) Kami ikut berdukacita atas…, (4) Kami ikut berkabung atas…

Dalam bhs Indonesia ada kalimat yang punya arti sama yang dimaksud dengan kata bersinonim. Dari sisi keefektifan bhs, pemanfaatan kata persamaan kata melalui langkah bertepatan bakal menjadikan kemubaziran Toko Bunga Papan Duka Cita.

Oleh karenanya, supaya tak terlampau berlebihan serta bhs yang difungsikan jadi efisien, baiknya kita pastikan satu diantara saja yang difungsikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar